BAGAIMANA CARA MENINGKATKAN TRAFFIC BLOG?

Usep Suryana 28 Agu 2012 17 comments
Bagaimana cara meningkatkan traffic blog? Ini adalah pertanyaan yang sangat banyak ditemukan di dunia maya. Tentu saja semua blogger ingin bisa meningkatkan traffic blognya hanya saja tidak banyak orang yang mengerti bagaimana cara melakukannya. Saya akan membagikan beberapa hal di sini, mudah-mudahan bisa membantu.

Prinsip dasar meningkatkan traffic blog anda


Pernahkah anda mendengar sebuah pepatah yang mengatakan "ada gula ada semut". Jadi misi anda adalah menyediakan "gula" bagi "semut" di dunia maya. Kenapa semut mencari gula? Karena mereka butuh gula untuk menjadi sumber energi bagi aktifitas mereka, tanpa gula mereka bisa dalam masalah besar. Jadi gula adalah kebutuhan mendesak dan solusi bagi masalah hidup mereka.

Jika anda ingin tahu bagaimana cara meningkatkan traffic blog, maka jawabannya sederhana saja "Sediakan apa yang dibutuhkan atau yang bisa menjadi solusi bagi permasalahan orang lain". Jika anda bisa melakukan itu, maka anda sudah mempunyai dasar yang kuat untuk memulai mendulang traffic blog. Jadi langkah berikut yang perlu anda lakukan adalah membuat artikel yang berkualitas.

Artikel berkualitas kunci meningkatkan traffic blog. Trust me, It works!


Saya tidak akan berpanjang lebar di sini. Artikel berkualitas ini memberi kemampuan kepada blog anda untuk membuat orang datang lagi dan lagi. Dengan demikian traffic blog anda akan mengalami pelipatgandaan. Yang dimaksud dengan artikel berkualitas adalah menyediakan informasi yang dibutuhkan dan bisa menyelesaikan masalah pengunjung blog.

Artikel yang berkualitas juga harus disajikan dalam bahasa yang menarik dan tentu saja blog anda harus membuat pengunjung merasa nyaman. Saat ini banyak blog menampilkan gadget yang menutupi artikel dengan harapan pengunjung mau mengklik iklan dulu sebelum membaca. Saya lebih baik tutup saja blog seperti itu, masih banyak pilihan di dunia maya.

Update rutin juga terlihat memberi efek pada jumlah pengunjung blog


Semakin banyak ragam artikel di dalam blog anda, maka semakin banyak pula ragam kata kunci yang bisa ditangani oleh blog anda. Anggaplah artikel saya minggu ini menuliskan "Bagaimana cara meningkatkan traffic blog?" Minggu depan bisa jadi saya menulis artikel serupa dengan judul "Bagaimana cara mendapatkan banyak pengunjung ke blog saya?"

Kedua artikel ini setali tiga uang dan sangat berhubungan, jadi saya bisa membuat link antara keduanya. Jadi bagi pengguna kata kunci "meningkatkan traffic blog" akan diantarkan google ke artikel yang satu, sedangkan bagi pengguna kata kunci "banyak pengunjung blog" akan diantarkan Google ke artikel yang lainnya. Jangan malas membuat artikel, jika anda ingin blog anda populer.

Catatan: Artikel Berkualitas dan Update yang Rutin baru bisa meningkatkan traffic blog jika optimisasi Onpage dan Optimisasi Offpage sudah dilakukan maksimal. Jadi kedua tips di atas hanyalah pelengkap dari optimisasi SEO onpage dan offpage.

Google bukan satu-satunya sumber traffic blog!


Ini yang perlu anda sadari sejak awal. Anda bisa meningkatkan traffic blog anda bukan hanya dari Google. Sudahkan anda memanfaatkan sosial media seperti Twitter? Kenapa tidak melakukan follow pada banyak orang dan minta dengan sopan untuk follow back dari mereka? Kemudian buat artikel dengan judul menarik dan posting URL nya di posting twitter anda. Posting URL tersebut sekali sejam. Anda akan melihat penambahan traffic blog dari twitter.

Hal ini juga berlaku untuk facebook, anda bisa memposting atau mentagging banyak orang untuk foto atau berita yang heboh dari blog anda. Atau bisa juga anda membuat akun baru yang mencari teman hingga ribuan orang, sehingga setiap kali anda posting status dari blog akan langsung dilihat ribuan orang.

Belum lagi traffic dari forum-forum. Cobalah mencari forum yang membahas tema yang senada di blog anda. Beri komentar di sana, sambil meninggalkan link ke blog anda untuk informasi yang selengkapnya. Jika anda beruntung dan forum itu dofollow, maka anda tidak hanya mendapatkan traffic, tetapi juga backlink.

Yang tidak kalah mantap adalah situs tanya jawab. Sebagai awalan anda bisa mencoba mendaftar pada Yahoo! Answer. Tinggalkan link bagi pengunjung yang ingin mendapat informasi yang lebih detil lagi.


Apakah Blogwalking bisa meningkatkan traffic?


Tentu saja, tapi sebaiknya langkah awal dalam blogwalking adalah mengunjung banyak blog sekaligus. Kemudian anda membuat database di Ms.Excel, blog mana saja yang chatboxnya ramai. Kenapa demikian? Karena dari sebuah blog ramai anda bisa mendapatkan kunjungan balik hingga 5-10 orang per posting. Kalau blognya sepi, anda hanya akan membuang waktu dan kuota online anda.

Demikian tips dari saya dalam artikel bagaimana cara meningkatkan traffic blog anda. Mudah-mudahan tips ini cukup aplikatif dan sesuai dengan kondisi anda. Terima kasih sudah singgah di blog sederhana saya ini juragan sekalian.

SUMBER PENULIS

Artikel Terkait

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
thumbnail Judul: BAGAIMANA CARA MENINGKATKAN TRAFFIC BLOG?
| Twitter | Facebook Page
Published :28 Agu 2012 Jam 09.41
Rating: 4.5 Reviewer: 7
Silakan jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi tulisan ini. Terima kasih sudah singgah serta membacanya, Semoga tulisan ini bermanfaat bagi sobat Blogger Copast semuanya amin.

Pin It

Silahkan tentukan pilihan komentar anda!



atau

17 komentar:

  1. Menurut saya blogwalking saja tidak cukup sob,,,,kita perlu juga untuk memberikan komentar di blog lain,,,salam kenal

    BalasHapus
  2. Betul tuh kang menurut saudara @Andri Carly

    BalasHapus
  3. Wow, mantap bro infonya.
    Mampir ke blog saya ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru bales, saya gak selalu OL.
      siap meluncur ke tkp gan

      Hapus
  4. kembali kasih gan
    makasih atas kunjungannya

    BalasHapus
  5. wah bagus juga infonya...
    sukses terus gan...
    mampir ke blog saya ya..... :)

    BalasHapus
  6. Info yang sangat bermanfaat. salam kenal. kunjungi balik ya blog saya
    oriflame4uall.blogspot.com

    BalasHapus
  7. thx 4 infonya.. mampir yuk ke http://momsandlovelykids.blogspot.com/

    BalasHapus
  8. makasih atas infonya...oh iya, kunjugi blog saya http://eraebo.blogspot.com/

    BalasHapus
  9. salam kenal....solusi buat newbie biar bisa rutin update posting y...thx infonya...inspiratif
    mampir jg y k blog sy

    BalasHapus
  10. mantap, . . . kunjungi juga blogqu di http://mhoki88.blogspot.com

    BalasHapus
  11. mantap bos,.. kunjungi bos www.storyunic.com www.pojokedan.com www.multiprediksi.com

    BalasHapus

Komentar anda dimoderasi, Kata-kata yang kurang baik tidak akan saya tampilkan atau saya hapus Terima kasih

Pasang Iklan

Pengikut

Statistik

Page Rank
blogger-copast.blogspot.com Webutation

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Blog Directory & Search engine blog search directory Personal Blogs - Blog Rankings Technology Blogs Blog Directory My Zimbio My Ping in TotalPing.com I ♥ Validator GeoURL Blogger Copast Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Personal - Top Blogs Philippines Blog Search: The Source for Blogs
Link Centre Directory and Search Engine
Active Search Results blogger-copast.blogspot.com trustrank blogger-copast.blogspot.com Real PageRank

http://blogger-copast.blogspot.com$3,065$3,065How much is yours?

Waudit score SEO Reports for blogger-copast.blogspot.com Top SEO Sites Blogarama - The Blog Directory IndoUrl - indonesian directory, webmaster friendly
blogger-copast.blogspot.com CoolSocial.net Badge
dirbit.com free search engine submission Link Exchange with BLOGGER COPAST how to create a website AskDirectory.com - FREE Web Directory Blog Directory Blog Search Links Exchange Blog Directory | Submit to Directories and Promote your Blogs Frety Webengine bloggercopast's Profile on Ping.sg  Ping Url ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers blogger-copast.blogspot.com-Google pagerank and Worth Personal Blogs
Online Marketing
Feedage Grade B rated
eXTReMe Tracker
Amfibi Web Search & Directory Sistema Enlaces Reciprocos Search Engine Submission and Marketing Services ExactSeek: Relevant Web Search waplog
blognation.com
Submit Blog Directory Situs Monitor Backlinks Site Meter

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner