TIPS MENINGKATKAN ALEXA RANK

Usep Suryana 10 Agu 2012 22 comments
Posting ini akan menjadi penutup tentang tetralogi alexa rank di Blogger Copast, tetralogi kedua setelah empat posting tentang google pagerank. Kali ini topik terakhir adalah tentang bagaimana tips dan trik serta kiat jitu dan cara untuk meningkatkan alexa rank.

Analogi Alexa, Blog, Website, dan Buku

Untuk mempermudah pemahaman kita dengan cara kerja alexa menilai populer atau tidaknya sebuah website mari kita misalkan website atau blog adalah sebuah buku. Halaman pada buku melambangkan halaman (posting) berbeda pada website atau blog. Pembaca buku melambangkan pengunjung website.

Kemudian seorang surveyor yang bertugas mencatat statistik pembaca buku tersebut ini dianalogikan sebagai alat pencatat pengunjung alexa yakni alexa toolbar dan alexa widget. Surveyor yang ditugasi mencatat banyak orang yang membaca dan berapa banyak halaman yang dibaca orang tersebut.

Jika pembaca buku tersebut tidak bisa dilihat oleh si pencatat data maka pembaca tersebut tidak tercatat dalam statistik surveyor kan? Begitu pula dengan alexa, jika pengunjung datang ke sebuah website tapi di browsernya tidak terinstal alexa toolbar atau di website tersebut tidak terpasang alexa widget maka alexa tidak mencatat pengunjung tersebut dalam database alexa....

Pada permisalan website adalah sebuah buku, maka alexa reach adalah banyak orang berbeda yang mengambil dan membaca buku itu, sementara alexa pageview adalah banyak halaman berbeda yang dibaca oleh pembaca tersebut.

Buku akan dikatakan populer oleh surveyor adalah buku dengan kombinasi terbaik dari banyak pembaca dengan banyak halaman yang dibaca, ya kan? Percuma dong kalo buku banyak pembacanya tapi hanya dibaca beberapa halaman saja lantas ditutup, dan percuma juga jika buku tersebut dibaca keseluruhan mulai dari awal sampai akhir tapi pembacanya hanya segelintir orang saja. Buku populer adalah buku yang dibaca banyak orang dan dengan banyak halaman yang dibaca. Ini adalah analogi perhitungan yang dipakai oleh alexa rank.

Bukti Pengaruh Alexa Reach dan Alexa Pageview

Di posting sebelumnya ada bukti bahwa Yahoo yang memiliki trafik lebih sedikit dari pada Google mampu mengungguli Google karena memiliki pageviews yang lebih tinggi. Website dengan trafik tinggi belum tentu bisa berjaya di alexa jika pageviews-nya sedikit.

Berikut ini adalah daftar statistik alexa rank harian untuk beberapa blog lokal Indonesia (saya ambil secara acak) yang mampu menembus 100.000 besar rangking alexa. Data ini saya ambil pada tanggal 24 September 2008.

Alexa Reach (%)Alexa PageviewsAlexa Rank
0,0018753.074
0,00163,768.451
0,0018272.928
0,00151,499.359
0,00151,696.396
0,00241,562.107
0,00192,565.441
0,00291,649.455
0,0021263.652
0,00181,581.100
0,00172,176.488
0,00243,746.104
0,00251,460.278
0,00241,365.994
0,00132,599.899

Dari 15 data diatas, bisa dilihat bahwa nilai Alexa Rank yang terbaik adalah 46.104 hasil kombinasi dari Alexa Reach 0,0024% dan Alexa Pageviews 3,7! Website dengan trafik terbaik 0,0029% pun mampu tergeser ke peringkat kedua dengan  Alexa Rank 49.455, sementara website dengan pageviews 7 mampu bertengger di peringkat 3 dengan Alexa Rank 53.074 padahal ia hanya memiliki reach sebesar 0,0018%.

Sementara itu, tiga website yang sama-sama memiliki reach sebesar 0,0018% pun memiliki nilai Alexa Rank yang berbeda bergantung banyak pageviews. Begitu juga dengan dua website yang memiliki alexa pageviews yang sama yakni 2,5 memiliki  Alexa Rank  yang berbeda karena alexa reach yang berbeda.

***
Bagaimana kita bisa meningkatkan atau menaikkan  Alexa Rank? Nah, tentunya untuk meningkatkan ranking alexa kita harus meningkatkan dua faktor utama yang mempengaruhi pergerakan nilai rangking alexa, yakni reach dan pageview. Dan juga meningkatkan efisiensi alexa toolbar dan alexa widget.

Meningkatkan Alexa Reach

Cara meningkatkan alexa reach adalah melalui peningkatan trafik dan variasi pengunjung unik (unique visitor), usahakan pula pengunjung tidak hanya berasal dari satu negara saja mengingat untuk menghindarkan bias dari faktor demografi negara, bahasa dan faktor sejenis lain (=bias alexa, lihat di posting sebelumnya).

Meningkatkan Alexa Pageview

Cara untuk meningkatkan pageviews adalah melalui konten-konten yang menarik dan memancing pengunjung untuk melihat lebih dalam dari keseluruhan konten sebuah website. Membuat pengunjung penasaran adalah salah satu tips untuk meningkatkan alexa pageview, salah satunya dengan memasang readmore atau baca selanjutnya. Membuat blog niche atau blog dengan satu topik tertentu juga bisa mendatangkan banyak pageviews, misalnya blog sepakbola, blog kuliner, blog jalan-jalan, atau jenis blog niche lainnya.

Meningkatkan Efisiensi Alexa Toolbar dan Alexa Widget

Pasang alexa toolbar pada browser Internet Explorer dan Mozilla Firefox anda! Silahkan klik disini untuk menginstal alexa toolbar.

Dan tambahkan widget alexa pada website anda agar pengunjung anda bisa dicatat oleh alexa melalui script yang tertanam pada widget alexa tersebut. Ingat bahwa pengunjung akan tercatat oleh alexa bila script tersebut tereksekusi, artinya penempatan widget juga berpengaruh pada perhitungan alexa. Widget yang terletak di bagian yang pertama kali di load jauh lebih baik ketimbang widget yang berada jauh di bagian footer.

Sumber Penulis >>

Artikel Terkait

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
thumbnail Judul: TIPS MENINGKATKAN ALEXA RANK
| Twitter | Facebook Page
Published :10 Agu 2012 Jam 01.39
Rating: 4.5 Reviewer: 7
Silakan jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi tulisan ini. Terima kasih sudah singgah serta membacanya, Semoga tulisan ini bermanfaat bagi sobat Blogger Copast semuanya amin.

Pin It

Silahkan tentukan pilihan komentar anda!



atau

22 komentar:

  1. thx nih infonya, tp gmn cara kita ngeceknya buat blog kita y...
    mampir@ blog ane y....
    Artikel Internet Online
    oh iya blog dah ane follow nih, klo berkenan follow balik ya...

    BalasHapus
  2. Terimaksih atas sharenya kawan sangat masuk akal banget bahwa Alexarank juga memiliki keterkaitan dengan pagevies blog kita.

    BalasHapus
  3. terimakasih, tulisan yang sangat berguna. update terus gan, salam kenal

    BalasHapus
  4. oh pageviews jg berpengaruh ya dengan alexarank ? baru tau saya,
    thanks infonya om.

    BalasHapus
  5. Shob terimakasih atas infonya dan follow ke 33 sukses shob inget foolow backnya yah!! Semoga sukses teruuss

    BalasHapus
  6. gan numpang link ya biar rank ku tinggi

    sukses buat bloger-copast.blogspot.com

    http://www.mubarok.net http://www.mubarok.net/

    BalasHapus
  7. Bagus infonya!

    Kunjungi blog saya ya : theandrisanjaya.blogspot.com

    BalasHapus
  8. keren sekali artikelnya sobat.. cara akan mencobanya..
    >> What Shares
    >> SHARES NEWS

    BalasHapus
  9. wah keren juga nih artikel,,,,,,,,
    oh ya mampir ke sini juga yah blulukz.blogspot.com
    join/follow blog aku dan aku akan follow blog kalian juga

    BalasHapus
  10. rank alexa bagus banget, mau tanya dikit biar alexa ramping di global apa perlu posting artikel dalam bahasa lainnya di dunia,salam kenal

    BalasHapus
  11. Terima kasih buat artikelnya yang berguna untuk menambah wawasan saya mengenai Alexa. Lanjutkan ke depannya menulis artikel seperti ini. Bravo!

    BalasHapus
  12. Makasih penjelasannya gan... Agak puyeng sih...

    BalasHapus
  13. Makasih ya gan....
    Atas infonya.... ^_^

    Tp maksudnya link in apa ya....??



    Jangan lupa mampir di :
    miqbal20.blogspot.com

    BalasHapus

Komentar anda dimoderasi, Kata-kata yang kurang baik tidak akan saya tampilkan atau saya hapus Terima kasih

Pasang Iklan

Pengikut

Statistik

Page Rank
blogger-copast.blogspot.com Webutation

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Blog Directory & Search engine blog search directory Personal Blogs - Blog Rankings Technology Blogs Blog Directory My Zimbio My Ping in TotalPing.com I ♥ Validator GeoURL Blogger Copast Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Personal - Top Blogs Philippines Blog Search: The Source for Blogs
Link Centre Directory and Search Engine
Active Search Results blogger-copast.blogspot.com trustrank blogger-copast.blogspot.com Real PageRank

http://blogger-copast.blogspot.com$3,065$3,065How much is yours?

Waudit score SEO Reports for blogger-copast.blogspot.com Top SEO Sites Blogarama - The Blog Directory IndoUrl - indonesian directory, webmaster friendly
blogger-copast.blogspot.com CoolSocial.net Badge
dirbit.com free search engine submission Link Exchange with BLOGGER COPAST how to create a website AskDirectory.com - FREE Web Directory Blog Directory Blog Search Links Exchange Blog Directory | Submit to Directories and Promote your Blogs Frety Webengine bloggercopast's Profile on Ping.sg  Ping Url ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers blogger-copast.blogspot.com-Google pagerank and Worth Personal Blogs
Online Marketing
Feedage Grade B rated
eXTReMe Tracker
Amfibi Web Search & Directory Sistema Enlaces Reciprocos Search Engine Submission and Marketing Services ExactSeek: Relevant Web Search waplog
blognation.com
Submit Blog Directory Situs Monitor Backlinks Site Meter

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner